Sabtu, 17 Maret 2018

Cara Aman Belanja Online Dengan Kartu Kredit

Halosiana.com - Credit Card atau kartu kredit sesuai namanya yaitu kartu yang digunakan untuk kredit barang atau membeli barang. Namun biasanya pengguna kartu kredit lalai dalam menjaga identitas kartunya yang mengakibatkan dirinya rugi sendiri.

Cara Aman Belanja Online Dengan Kartu Kredit
Cara Aman Belanja Online Dengan Kartu Kredit

Seiring berjalannya waktu belanja online semakin mudah dan semakin ragam pembayarannya terutama pembayaran melalui kartu kredit. Tetapi apakah anda yakin bahwa data kartu kredt anda akan baik baik saja? yuk simak caranya bagaimana cara benar dan amannya belanja online menggunakan kartu kredit.

1.Perhatikan Batas Pemakaian Bulanan (Limit)

Masalah yang banyak dialami oleh pengguna kartu kredit salah satunya over limit yaitu melebihi batas pengeluaran untuk bulan tersebut.oleh karena itu anda wajib menghitung dan mengecek secara berkala sebelum anda menggunakan kartu kredit untuk pembayaran. Jika anda melebihi limit maka anda akan terkena biaya tambahan oleh bank kartu kredit tersebut.


2.Pilih Metode Pembayaran Cicilan

Biasanya situs jual beli online menyediakan berbagai macam pembayaran dan salah satunya kartu kredit. Disini anda lebih baik memilih membayar melalu cicilan yang disediakan daripada harus bayar full.

Agar bisa menggunakan fasilitas ini anda tidak boleh sampai salah memilih metode pembayaran saat melakukan transaksi dan pastikan anda memilih metode pembayaran cicilan bukan pembayaran penuh dengan menggunakan kartu kredit


3.Janganlah Menyimpan Data Kartu Kredit Anda Secara Online

Belanja online biasanya banyak memberi kemudahan dalam berbelanja termasuk dalam bentuk simpan data kartu kredit otomatis. Fitur yang memudahkan anda saat belanja online berikutnya di situs yang sama yaitu tidak perlu memasukkan data kartu kredit kembali.

Biasanya anda diberikan pilihan untuk menyimpannya atau tidak sehingga sangat disarankan untuk tidak menyimpannya karena alasan kemanan serta ditakutkan sistem keamanan situs tersebut di retas dan data kartu kredit anda dicolong oleh peretas tersebut untuk karena itu lebih baik anda repot sedikit saat mengisi data pembayaran dibandingkan anda repot mengurusi kartu kredit anda ke bank.


4.Pilih Situs Terpercaya

Jika anda ingin menggunakan kartu kredit untuk belanja online , pastikan situs belanja online anda terkenal dan banyak dijangkau. Jangan anda belanja pada situs yang belum terkenal atau belum banyak dijangkau hanya karena diskon besar besaran , justru itu yang membahayakan data kartu kredit anda .

Pilihlah situs yang sudah ter-enkripsi oleh google (https:// bukan http://) dan mempunyai lambang gembok hijau aman dari search engine tersebut. Belanja lah melalu aplikasi mobile dibandingkan situs web dan pastikan anda mengunduh aplikasi belanja online dari store bawaan smartphone (Google Play Store , App Store , Windows Store).


5.Lakukan Transaksi Di Smartphone / Komputer Pribadi

Jika anda ingin belanja online seharusnya anda menggunakan smartphone atau Komputer milik anda sendirI karena jika anda menggunakan perangkat lain contohnya perangkat warnet. Jika anda lupa untuk logout akun belanja online anda dan data tersimpan dalam browser komputer tersebut dipakai pengguna lain untuk membuka situs yang sama maka langsung masuk ke akun anda dan itu sangat berbahaya ketika lupa menyimpan data kartu kredit anda secara online jadi diusahakan saat transaksi untuk menggunakan perangkat pribadi anda sendiri.

6.Cetak Bukti Pembayaran

Hal ini yang paling suka dilupakan padahal ini merupakan bagian penting juga yaitu bukti pembayaran akan memudahkan anda untuk double check disaat tagihan kartu kredit datang.



Nah begitulah cara belanja online yang aman menggunakan kartu kredit. semoga lebih paham bagaimana cara menjaga data kartu kredit dan bagaimana cara menggunakan kartu kredit yang benar dan aman.

Simak artikel menarik lainnya hanya di - Halosiana.com
Lokasi: Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com