Jumat, 16 Maret 2018

5 Tips Menabung Yang Cocok Untuk Para Pelajar

Halosiana.com - Menabung adalah menyimpan uang / barang berharga di celengan , bank , pos atau tempat aman lainnya.

5 Tips Menabung Yang Cocok Untuk Para Pelajar
5 Tips Menabung Yang Cocok Untuk Para Pelajar


Menabung itu suatu hal yang bisa dikatakan sulit , karena dengan menabung anda akan mengurangi uang saku harian anda dan menahan sebagian keinginan anda. Tapi jika anda memiliki niat untuk menabung pasti semuanya akan mudah-mudah saja , berikut ini merupakan tips menabung dengan mudah dan dijamin berhasil ! simak terus caranya ya.

1.Anda Harus Punya Tujuan Menabung
  
Setiap sesuatu yang dilakukan pasti memiliki tujuan begitu juga dengan menabung , anda harus mempunyai tujuan untuk apa anda menabung , karena dari tujuan itu sendiri anda secara tidak langsung telah didukung untuk menabung dan adanya tujuan menabung membuat anda lebih pandai membagi uang antara uang yang harus ditabungkan dan uang yang harus digunakan.

contohnya
"saya harus membeli sebuah handphone menggunakan uang saya sendiri , maka itu saya harus mengurangi jajan saya" 
Jika anda telah berfikir seperti itu maka anda telah mempunyai tujuan untuk menabung , dan tujuan anda secara tidak langsung mendukung anda untuk menabung.

2.Konsisten Dalam Menabung

Seperti bunyi teori Hukum 1 newton yang bunyinya :

Setiap benda akan tetap dalam keadaan diam atau tetap bergerak lurus beraturan, kecuali ada gaya yang bekerja pada benda tersebut untuk mengubahnya.
Lalu apa hubungannya dengan menabung? teori hukum 1 newton memberikan pelajaran yaitu jika seseorang sudah mulai menabung , maka aktivitas menabung tersebut akan terus dilakukan jika anda tidak pernah mengubahnya (berhenti menabung).

Salah satu cara agar konsisten adalah dengan meyakinkan bahwa menabung akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat dimasa depan , karena jika anda tidak meyakini bahwa akan mendapat sesuatu yang bermanfaat dimasa depan maka anda akan selalu tergoda untuk menggunakan uang anda dan membelikannya suatu barang dibandingkan menabung.

3.Menabunglah Dengan Sering

Menabunglah dengan sering dan terjadwal karena semakin sering anda menabung semakin dekat anda dengan tujuan anda menabung, contohnya seperti ini

"Saya menabung sehari Rp5.000 untuk membeli baju seharga  Rp70.000 , maka anda akan mendapatkan baju itu selama 2 Minggu saja karena 5 * 14 = 70"
Tetapi anda tidak perlu memaksakan menabung Rp5.000 sehari , anda bisa membuat jadwal menabung ,seperti "Setiap hari senin saya akan menyisihkan uang saya sebesar Rp20.000 untuk menabung" Maka anda telah melakukan jadwal dalam menabung,semakin sering anda menabung semakin cepat anda mendapatkan manfaat menabung.

4.Menabung Dengan Banyak

Tabungan anda akan segera cepat bertambah jika anda memperbesar jumlah uang yang ditabung.Jika sebelumnya anda biasa menabung Rp400.000 Sampai Rp600.000 perbulan , coba tingkatkan menjadi Rp700.000 Sampai Rp 1.200.000.

Jika anda memperbesar jumlah uang yang ditabung maka anda akan semakin cepat untuk mencapai target anda.Dan disarankan jangan menabung pas dengan harga barang/target yang dituju , misalnya

Jika harga barang Rp2.000.000 menabunglah hingga Rp2.500.000 karena 500.000 nya itu untuk pegangan anda
5.Jangan Melupakan Sedekah

Anda juga tidak boleh meninggalkan sedekah , karena uang yang anda berikan untuk sedekah secara ikhlas (tanpa paksaan) akan anda terima lagi secara tidak langsung yang diberikan oleh Tuhan . Karena disetiap agama mewajibkan sedekah kepada fakir , miskin , dan mereka yang membutuhkan.

Jadi jangan karena menabung anda tidak mau bersedekah , itu merupakan hal yang salah , jika anda berifikir "Bersedekah hanya mengurangi uang yang akan ku tabungi" itu jelas salah.karena jika anda menebar kebaikan maka anda juga yang akan menuai kebaikan.

Jika anda mempunyai uang Rp10.000 untuk ditabungkan maka sisihkanlah Rp3.000 Untuk bersedekah , dan sisa uang anda Rp7.000 masukkan lah ketabungan.


Nah begitu sob cara menabung yang cepat namun membuahkan hasil yang bermanfaat. Cara diatas juga cocok untuk pelajar lumayanlah dari pada kalian terus meminta uang ke orang tua untuk membeli sesuatu. Lebih baik anda menabung dan membeli keinginan anda dengan uang hasil tabungan itu  karena anda akan terasa puas jika menggunakan uang anda sendiri dan anda beranggapan bahwa saya telah berhasil mencapai target dengan uang tabunganku.
Lokasi: Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com