Minggu, 05 Agustus 2018

Tips Menghindari Penipuan Jual Beli Online di Internet

Halosiana.com - Diartikel sebelumnya kami sudah banyak menjelaskan seperti apa caranya untuk belanja aman di internet. Untuk kali ini kita akan mengulas informasi yang berhubungan dengan Tips Menghindari Penipuan Jual Beli Online di Internet yang sebenarnya belum banyak diketahui oleh kebanyakan orang ketika memutuskan untuk belanja produk-prodok digital maupun jenis produkf fisik tertentu.

Tips Menghindari Penipuan Jual Beli Online di Internet
Pixabay : Tips Menghindari Penipuan Jual Beli Online di Internet


Dunia internet memang memberikan kita kebebasan untuk melakukan kegiatan apa saja termasuk kegiatan jual beli secara online.

Aktivitas jual beli online sendiri sudah menjadi fenomena umum di Indonesia terlebih untuk konsumen kelas menengah keatas. Kebutuhan belanja/jual beli online sudah menjadi kebutuhan pokok yang harus ada saat ini.

Dengan hadirnya kemudahan jual beli secara online di internet, maka ada beberapa hal yang mungkin harus anda pahami dan waspadai dengan baik karena tidak semua oknum yang menyediakan fasilitas jual beli benar-benar bisa dipercaya. Dan berikut ini kita akan bahas secara tuntas seperti apa cara untuk menghindari penipuan jual beli online.

Baca Juga : Fenomena Belanja Online Yang Semakin Populer di Indonesia

Modus Penipuan Jual Beli Online Yang Paling Umum


  1. Menjual barang yang sama sekali tidak sesuai dengan deskripsi informasi produk atau bisa dikatakan informasi yang dipasang bukan informasi produk yang sebenarnya.
  2. Menjual barang duplikat/KW/Palsu yang menyerupai barang asli sehingga sangat merugikan customer atau pengguna.
  3. Tidak dilengkapi dengan surat-surat jaminan resmi garansi produk yang terkadang membuat customer kesulitan ketika hendak klaim garansi. Bisa juga menipu Customer dengan mengatakan bahwa garansi produk adalah Resmi.
  4. Pengiriman barang yang terlalu lama tidak sesuai dengan estimasi pengeriman yang sudah diberikan sebelumnya.
  5. Tidak mengirim produk pesanan kepada customer setelah proses pembayaran dilakukan.


Dari beberapa modus penipuan diatas, kami yakin anda pernah mengalami salah satunya baik itu ketipu ketika membeli barang ataupun barang sama sekali tidak pernah sampai ditangan anda.

Hal semacam ini sudah seringkali terjadi dan anda harus hati-hati karena dunia internet merupakan dunia bebas dimana semua orang bisa melakukan kejahatan. Lantas seperti apa tips untuk menghindari penipuan jual beli online di internet ? Silahkan simak informasinya dibawah ini.

Tips Menghindari Penipuan Jual Beli Online 

# Memilih Ecommerce Yang Terpercaya

Hal pertama yang harus anda lakukan ketika ingin membeli produk Fisik dan Virtual di internet adalah dengan memilih Ecommerce yang bisa dipercaya dengan baik dan sudah terbukti aman untuk digunakan.

Bahkan di Indonesia sudah ada banyak sekali ecommerce yang menyediakan tempat untuk anda yang suka belanja online tanpa takut terkena penipuan. Usahakan untuk memilih yang menurut anda bisa dipercaya dengan baik.

# Selalu Gunakan Sistem COD ( Cash On Delivery )

Bila anda memutuskan untuk belanja online di internet maka anda juga harus bisa menjadi customer yang pintar, kita tahu bahwa akhir-akhir ini seringkali muncul modus penipuan dengan tidak mengirim produk pesanan customer. Sebagai customer yang pintar maka anda harus memilih metode pembayaran COD atau biasa disebut dengan sistem bayar ditempat.

Cara ini selalu menjadi pilihan pertama bagi customer pemula yang baru saja mulai mencoba belanja online di internet. Dan kalau anda memang sudah terbiasa belanja online tanpa sistem COD wajib juga utnuk selalu berhati-hati.

# Jangan Mudah Tertarik Dengan Penawaran Yang Murah

Sebagai seorang customer tentu sangat wajar jika kita melihat harga produk yang dibandrol dengan cukup murah akan sangat tertarik karena kita beranggapan kapan lagi bisa memiliki barang bagus dengan harga yang murah. Nah disitulah sebenarnya para oknum penjual online bisa mendapatkan perhatian dari para customer.

Mereka akan menyediakan barang palsu atau sama sekali tidak menyediakan barang tetapi bisa memperoleh omzet jutaan rupiah dari customer yang tidak teliti. Janganlah mudah untuk tertarik dengan harga produk yang sangat tidak wajar.

Kebanyakan jenis produk yang dijadikan bahan untuk memikat customer adalah produk elektronik seperti smartphone dan laptop.

Nah itulah beberapa tips yang bisa kami sampaikan kepada anda untuk menghindari penipuan jual beli online yang semakin merajalela sampai sekarang ini. Semoga tips ini bisa bermanfaat dan menambah informasi untuk anda semuanya.

Halosiana- Cara melacak barang pesanan di Lazada harus anda pahami dengan baik ketika memutuskan untuk membeli produk online di internet terutama di Ecommerce Lazada. Sebagai seorang yang masih awam untuk belanja online, tentu hal ini penting sekali dipelajari agar mudah mengetahui status pesanan barang di lazada sendiri.



Cara Melacak Barang Pesanan di Lazada





Walaupun pada dasarnya Lazada sendiri adalah toko online terpercaya dan terbesar sampai saat ini, tetapi untuk kita ketahui tidak semua barang yang ada di Lazada disediakan oleh pihak resmi namun disediakan oleh seller-seller yang bergabung disana.



Maka dari itu dibutuhkan juga tracking barang pesanan untuk melihat status pesanan apakah sudah dalam proses pengiriman atau belum.



Untuk mengecek status pesanan barang di Lazada itu sangatlah mudah, Lazada sudah memberikan fitur cek status barang yang dikenal dengan Lex. Walaupun begitu, didalam situs sendiri juga sudah disediakan tracking pesanan yang mempemudah para buyer mengetahui status pesanan mereka secara online. Berikut ini adalah panduan melacak barang pesanan online di lazada yang mudah dengan dua cara sekaligus.



Cara Pertama : Melacak status pesanan barang di lazada



Pertama anda bisa langsung membuka website resmi Lazada.co.id dan masuk dengan akun yang sudah terdaftar, silahkan klik pada bagian Lacak Pesanan akan ada kolom tracking yang harus anda isi. Untuk mengisi kolom ini diperlukan beberapa hal seperti kode pesanan anda dan email yang terdaftar.



Untuk melihat kode booking atau pesanan anda bisa masuk ke bagian profil dan masuk ke pesanan saya. Disana anda bisa melihat kode pesanan anda yang sudah masuk ke proses. Berikut contohnya bisa lihat dibawah ini.



Cara Melacak Barang Pesanan di Lazada

Cara Melacak Barang Pesanan di Lazada







Nah setelah itu anda bisa masuk ke bagian Tracking Kode Pesanan dengan masuk ke Link berikut ini. https://www.lazada.co.id/order-tracking/.







Nah nanti akan muncul status pesanan anda di kolom tersebut diproses sampai mana.



Cara Kedua : Melacak status pesanan barang di Lazada



Kemudian untuk cara kedua kalau barang pesanan anda dikirim dengan jasa LEX maka dengan mudah bisa masuk ke situs lex.co.id. Disini anda bisa melacak pesanan anda sampai dimana statusnya.







Cara penggunanya sangat mudah, anda tinggal masukkan kode tracking pemesanan yang sama dengan cara pertama tadi di bagian kolom dan klik Lacak. Nanti akan muncul informasi status pesanan anda seperti dibawah ini.







Nah sampai disini informasi mengenai cara pelacakan barang pesanan di Lazada. Semoga bermanfaat.

Lokasi: Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com