Minggu, 05 Agustus 2018

Daftar Dan Ciri-Ciri Situs e-Commerce Penipu/Scam

Halosiana.com - Bisnis e-Commerce merupakan bisnis jual beli atau transaksi secara online dari penjualan beberapa produk yang disediakan.

Situs e-Commerce biasanya menyediakan beraneka ragam produk menarik dan sesuai dengan kebutuhan kita. Namun ada pula situs situs e-Commerce yang ternyata menipu konsumennya.



Daftar Dan Ciri-Ciri Situs e-Commerce Penipu/Scam
Gambar : aerostechno.wordpress.com Daftar Dan Ciri-Ciri Situs e-Commerce Penipu/Scam

 
Tentu hal tersebut menimbulkan ketidaknyamanan dan tentunya membuat kita segan untuk membeli sesuatu melalui situs e-Commerce.


Tapi tidak semua situs e-Commerce menipu konsumen. Semua dapat diperhatikan sebelum melakukan transaksi pembayaran.


Sebelumnya kita harus mengetahui ciri-ciri situs e-Commerce yang merupakan situs penipuan. Berikut ini beberapa ciri situs penipuan di bidang e-Commerce.



Ciri-ciri situs e-Commerce yang terbukti scam/penipuan



  1. Menggunakan url domain gratis


    Di era sekarang begitu banyak situs gratisan dan tidak resmi yang beredar dan menawarkan penjualan produk murah. Namun Anda perlu berhati-hati dengan hal tersebut.

    Jika dipikir baik-baik, hal tersebut kurang wajar. Anda bisa melihat situs e-Commerce tersebut apakah menggunakan domain gratis atau tidak.

    Beberapa contoh domain gratis yaitu .tk, .cf, .ga, .ml. Dan hal tersebut pasti bukan situs resmi e-Commerce. Atau bisa juga juga masih menggunakan subdomain .blogspot.com

    Namun ada juga situs penipuan menggunakan nama domain berbayar. Dan biasanya penawaran produk terlihat kurang wajar dari harga biasanya, maka dipastikan situs tersebut melakukan penipuan.
  2. Admin terlihat agresif


    Secara prinsip marketing memang dibutuhkan promosi untuk meningkatkan penjualan suatu produk. Namun bila Anda menemukan situs e-Commerce dan sang admin/pemilik situs sangat agresif, Anda harus berhati-hati.

    Hal tersebut biasanya terjadi dari beberapa pemilik situs yang selalu mengajak atau mempengaruhi orang lain untuk membelinya dengan cara yang terlihat seperti spam.

    Bisa dilihat untuk situs e-Commerce resmi pasti akan mengiklankan produknya sehingga terlihat menarik dan pantas dimata orang lain.
  3. Produk terlalu murah


    Jika Anda bandingkan dengan situs e-Commerce resmi, maka harga yang tertera terlihat wajar, baik itu mahal atau murah tergantung jenis produk.

    Namun beberapa situs penipu akan menawarkan produk dengan harga dibawah standar. Tentunya harga ini dapat menarik beberapa orang.
  4. Menggunakan nomor telepon pribadi


    Situs e-Commerce abal-abal pasti tidak menunjukkan nomor telepon untuk bisa dihubungi. Kalaupun bisa, pasti bukan nomor perusahaan tersebut.

    Jika nomor yang dihubungi merupakan nomor pemilik situs e-Commerce sendiri, mungkin situs tersebut tidak resmi dan belum layak untuk melakukan kegiatan transaksi e-Commerce.
  5. Terkesan menyembunyikan identitas


    Jika kita melihat situs e-Commerce resmi, seperti www.ebay.com atau yang lainnya justru menampilkan seluruh identitas situs agar mendapatkan perhatian publik bahwa situs tersebut memang resmi dan bergerak dibidang e-Commerce.

    Tapi jika suatu situs e-Commerce yang cenderung menyembunyikan identitasnya, maka menimbulkan keraguan dari konsumennya.

    Biasanya menyembunyikan dengan memalsukan alamat, nomor telepon atau data diri yang lain. Hal tersebut harus membutuhkan kewaspadaan agar tidak menjadi korban penipuan situs e-Commerce
Dari ciri-ciri diatas, hendaknya kita lebih berhati-hati saat mendapatkan penawaran produk yang menggiurkan. Namun semua itu hanya tipuan belaka.Setelah ini akan kami tunjukkan beberapa situs scam/penipuan dibidang e-Commerce.


Situs e-Commerce/toko online yang menipu


  1. www.juaraolshop.com
  2. www.gayangelektronik.com
  3. www.rajawalielektro.com
  4. www.mncelectronic.com
  5. www.mutiarabatamstore.com
  6. www.seruanpromo.com
  7. www.centraelektronik.com
  8. www.cahayamanggalashop
  9. www.juarapasau.com
  10. www.abadielektroshop.com
  11. www.batamsquare.com
  12. www.tajuara86.com
  13. www.mulanashop.com
  14. www.cahayamanhalaelektronik.com
  15. www.rhamaceluler.com
  16. www.grahashopping.com
  17. www.batampinangjaya.com
  18. www.mustikaratu86.com
  19. www.megaolshop.com
  20. www.centra22elektronik.com
  21. www.batamcitystore.com
  22. www.imforonlineshop.com
  23. www.eraonlineshop.com
  24. www.lazorybatamstore.com
  25. www.istanagadgetonline.com
  26. www.citramandirionline.com
  27. www.reskyonlinestore.com
  28. www.riskianggarashop.com
  29. www.selvielektroshop.com
  30. www.lintasjayashop.com
  31. www.markasjayashop.com
  32. www.serfihanelektronik.com
  33. www.fujielektroshop.com
  34. www.gamaelektroshop.com
  35. www.markasjayashop.com
  36. www.shelaelektroshop.com
  37. www.mallisebelanja.com
  38. www.mayaonlineshop.com
  39. www.ririnstore.com
  40. www.bentengjayashop.com
  41. www.ideabelanja.com
  42. www.tokotopelektronik.com
  43. www.dutabelanjaelektronik.com
  44. www.nurmayabelanja.com
  45. www.tokkebelanja.com
  46. www.goodbelanja.com
  47. www.garansionline.com
  48. www.alyashopping.com
  49. www.nuansarayaolshop.com
  50. www.areabelanja.com
  51. www.putrimallshopping.com
  52. www.sriwidodoelektronik.com
  53. www.ridophonecell.com
  54. www.arizoneonlinestore.com
  55. www.ditamallshopping.com
  56. www.shilpanashopping.com
  57. www.novitaelektroshop.com
Data tersebut adalah daftar situs penipuan berkedok e-Commerce yang pernah beredar menurut Detik.com. Meskipun situs tersebut sudah tidak bisa akses karena telah di hapus oleh pihak yang berwenang, kita harus tetap berhati-hati.

Namun dari daftar diatas terlihat domain yang berbayar dan terlihat resmi, untuk mengetahuinya kita harus menganalisa berdasarkan data situs mulai dari identitas, alamat, testimoni, dan beberapa hal lain.

Sekian artikel pembahasan mengenai Daftar Dan Ciri-Ciri Situs e-Commerce Penipu kali ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Halosiana - Cara aman belanja barang online di Lazada mungkin sudah menjadi kebiasaan banyak orang saat ini, terlebih kemajuan teknologi digital seiring perkembangan zaman semakin meningkat. Penggunaan ponsel pintar juga menjadi bagian penting dalam kehidupan saat ini, sehingga cara praktis seperti berbelanja online dengan menggunakan jari semakin populer dilakukan banyak orang. Sedangkan saat ini Ecommerce di Indonesia sendiri cukup bervariasi dari yang menawarkan harga paling murah hingga paling mahal, persaingan ketat cukup terlihat diantara mereka untuk membuktikan siapa yang paling baik dalam pelayanannya.



Cara Aman Belanja Barang Online di Lazada

Image From Lazada.co.id - Cara Aman Belanja Barang Online di Lazada



Namun diartikel kali ini kita tidak akan mengulas ecommerce-ecommerce yang ada di Indonesia melainkan membahas mengenai Lazada yang merupakan salah satu raksasa toko online yang menyediakan berbagai jenis barang yang bisa anda miliki dengan cukup mudah.



Terkait dengan hal tersebut, tentu saja bagi orang awam yang belum terlalu berpengalaman dalam berbelanja online masih cukup meragukan apakah belanja online di Lazada cukup aman dilakukan ? Untuk itu kita akan mengulas lebih dalam seperti apa cara aman berbelanja online di lazada agar bebas dari penipuan.



Pada dasarnya sebuah toko online atau kita sebut saja sebagai Ecommerce memiliki penjual sama halnya dengan toko offline seperti biasanya, namun bedanya disini toko-toko online bisa menjual barang mereka secara online dengan memanfaatkan lazada sebagai wadah untuk berjualan. Sehingga tidak heran jika anda menemukan banyak sekali penjual-penjual yang ada di Lazada menjual barang-barang mereka mulai dari fashion, elektronik, kebutuhan rumah tangga dan lain sebagainya.



Dan disinilah sebenarnya aman tidaknya ketika berbelanja di Lazada harus pintar memlih seller. Berikut ini kita akan ulas lebih dalam cara belanja online yang aman agar bebas dari penipuan.



Sebelum itu, saya akan memberikan informasi terlebih dahulu seperti apa jenis penipuan ataupun kekecewaan para customer ketika berbelanja online mendapati barang yang dibeli tidak sesuai dengan yang diinginkan.



Beberapa Kasus Penipuan Belanja Produk Secara Online



Barang dengan kemasan yang rusak sehingga membuat nilai barang menjadi turun
Fungsi barang yang dibeli tidak bisa digunakan semestinya
Barang Ilegal atau tidak resmi sehingga sulit untuk diklaim garansi jika rusak ( Hp, Laptop/lain-lain )
Barang garansi distributor tanpa pemberitahuan di lapak
Barang tidak sesuai dengan deskripsi yang ada di lapak
Barang yang dikirim bukan barang asli
Barang sama sekali tidak dikirim dan seller tidak menghubungi customer secara langsung
Nah jika anda melihat beberapa kasus diatas tentu cukup takut untuk memutuskan belanja barang secara online di internet.



Kasus-kasus diatas banyak sekali dialami oleh para customer pemula maupun yang sudah berpengalaman karena mungkin kurang berhati-hati ketika membeli barang secara online. Lantas seperti apa cara aman belanja online di Lazada sendiri ? Berikut adalah informasinya.



Cara Aman Belanja Online di Lazada


Panduan Pertama : Memahami Deskripsi Barang



Hal pertama yang harus anda lakukan ketika hendak membeli barang di Lazada maka pastikan tidak terburu-buru untuk membeli barang dengan promo yang menarik seperti halnya harga yang murah plus bonus banyak. Pahami terlebih dahulu semua deskripsi barang yang dijual dan pastikan penjual/seller benar-benar bisa dipercaya dengan baik.



Berikut ini adalah beberapa deskripsi barang yang menurut Halosiana cukup bagus sebagai Lapak online di lazada. Dibawah ini merupakan contoh deskripsi barang yang dijual di Lazada lengkap dengan gambar-gambar yang membuat customer semakin percaya.












Panduan Kedua : Melihat Ranting Seller



Setelah memahami semua deskripsi yang dijelaskan, maka berikutnya anda bisa melihat pada bagian seller information atau ranting seller. Dengan melihat ranting seller yang diberikan oleh para customer yang pernah membeli produk disana, anda bisa mendapatkan jaminan kepercayaan bahwa seller tersebut benar-benar aman dan terpercaya.



Dan yang paling penting barang yang dibeli benar-benar produk asli dan bisa dipertanggungjawabkan.







Panduan Ketiga : Melihat Ulasan dan Ranting Pembeli



Selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan melihat ranting dan ulasan para pembeli yang pernah membeli produk tersebut. Ulasan ini cukup bermanfaat ketika anda ingin memutuskan membeli produk dengan harga yang lumayan tinggi seperti smartphone, laptop/pc ataupun barang-barang dengan harga yang tinggi.









Panduan Keempat : Pilihan pembayaran



Berikutnya cara belanja online di lazada yang aman adalah dengan memilih jenis pembayaran yang anda anggap paling aman sebagai seorang pemula, kalau anda masih ragu untuk melakukan transaksi secara langsung dengan cara transfer bank atau menggunakan kartu kredit.



Maka anda bisa membeli produk dengan sistem bayar ditempat dengan catatan jika seller memberikan fitur tersebut maka bisa dilakukan. Jika tidak, kembali lagi dengan keputusan anda. Berikut ini adalah contoh sistem pembayaran di Lazada.







Nah itulah beberapa informasi penting yang perlu anda ketahui sebelum memutuskan untuk belanja online produk-produk di Lazada dan di internet.



Semoga informasi ini memberikan sedikit wawasan kepada anda agar tidak mengalami penipuan yang merugikan diri sendiri. Terimakasih sudah berkunjung dan jangan lupa untuk kembali lagi esok hari.



Source Image : Lazada.co.id


Source Keyword : Cara aman belanja online di lazada dan di Internet

    Lokasi: Indonesia

    0 komentar:

    Posting Komentar

    luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com